Selamat datang di Rahasia Kehidupan Manusia

Rahasia Menghilangkan Jerawat

0 komentar

Jerawat merupakan kelainan kulit yang terjadi karena kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kalenjar minyak yang menyebabkan penyumbatan saluran folekul rambut dan pori-pori kulit. Jerawat tidak hanya timbul di waja, tapi jerawat bisa timbul di area dada, punggung, dan bahu. Tidak hanya remaja, para wanita dewasa pun kerap dihinggapi jerawat.

Penyebab timbulnya jerawat antara lain disebabkan oleh beberapa factor berikut ini:

  • Faktor pisikis atau stres, meskipun masih belum dipastikan factor pisikis atau stres kerap sebagai dalangnya lahirnya jerawat.
  • Genetik [ keteurunan ], jika kelarga entah ibu atau bapak anda merupakan penderita jerawat, maka anda bisa jadi bersumber dari genetika keluarga.
  • Aktivitas hormon yang tidak seimbang, biasanya bisa dilihat dari siklus hormonal yang tejadi pada seseorang. Perubahan siklus ini biasanya mendorong bertambahnya kelenjar minyak penyebab jerawat. Biasanya ditandai dari timbulnya jerawat kala menstruasai.
  • Penumpukan sel kulit mati, kulit mati mati yang menupuk akan menyababkan tersumbatnya folekul dan pori-pori, penyumbatan ini akan mendorong timbulnya jerawat.
  • Bakteri di pori-pori kulit, bakteri Proponini Bacterium Acnes [P.Acnes], yang berada dalam pori-pori kulit yang memicu timbulnya jerawat.
Jerawat tidak mencerminkan bahwa sesorang kurang menjaga kebersihan, jadi jangan berkecil hati bagi yang berjerawat, belum berarti anda tidak menjaga kebersihan :D.

Berikut beberapa tips untuk mengusir jerawat yang membandel:

Mulailah dari menjaga kebersihan kulit, caranya mudah,
  • Cuci muka yang teratur, cukup 2-3 kali sehari memakai sabun khusus wajah, lakukan dengan lembut untuk menghindari iritasi.
  • Jangan biarkan rambut menutup daerah wajah. Rambut yang kotor dapat memperburuk kondisi pori-pori yang tersumbat.
  • Siap sedia kertas minyak di tas anda kapapnpun kulit muka anda nerminyak, anda tinggal mengusapnya hingga bersih.
  • Asupan gizi seimbang juga bermanfaat membantu menjaga kesehatan kulit.
  • Biasakanlah menjalani kebiasaan hidup sehat dengan menghindari makanan tertentu yang menyebabkan timbulnya jerawat, antara lain menghindari makanan goreng-gorengan, kebiasaan merokok dan bergadang yang dapat membantu penyumbatan jerawat yang maksimal.
 Selain tips-tips tersebut diatas, jerawat bisa kita obati dengan menggunakan ramuan tradisional baik dengan melakukan pengobatan dari luar maupun dari dalam.

Untuk pengobatan dari luar salah satunya dengan memebuat masker untuk kulit berjerawat.

Untuk ramuan masker jerawat bahan-bahannya sbb:

1. Tepung Beras : 1/4 liter
2. Tepung pati bengkoang: 1 ons
3. Kayu manis: 1/4 ons
4. Kayu mesoyi : 1/4 ons
5. Klabet: 1 sendok teh
6. Buah pinang : 2 biji
7. Adas:1 sendok teh

Cara membuatnya:

[a.] Beras di cuci sampai bersih, di rendam 12 jam, kemudian di saring dan di siaram dengan air bersih supaya baunya menjadi hilang. Kemudian dengan daun pisang dan didiamkan kurang lebih 1 jam. Agar berasnya menjadi keset [tidak berair], apabila di tumbuk lunak dan tidak lengket. Beras tersebut di tumbuk sampai jadi tepung dan diayak.
[b.] Bahan no. 1 dan 2 dicampur menjadi satu.
[c.] Bahan no. 3, 4 dan 5 digoreng sangan sampai menjadi kuning hitam [masak]
[d.] Bahan no. 6 dikupas kulit luarnya yang berupa sabut, di pecah kulit dalamnya yang keras, dan diambil dagingnya, jemur sampai kering.
[f.] Bahan no. 4 dan 5 di goreng sangan.
[g.] bahan c s/d f di tumbuk atau digiling agar menjadi tepung.
[h.] Yang terakhir, campuran tepung beras dan pati bengkoang di campur dengan tepung ramuan c s/d f dan masker ini sudah dapat di paka untuk masker obat jerawat.

Untuk pengobatan dari dalam yakni dengan membuat obat jerawat yang diminum.

Adapun bahan-bahannya sbb:

1. Temu lawak: 2 kali ibu jari
2. kencur: 2 kali ibu jari
3. Asam: 1 tangkai
4. Jinten: 1/2 sendok
5. Gula aren secukupnya

Cara membuatnya:

Bahan 1 dan 2 dikupas kulitnya dicuci bersih. Bahan no. 3 s/d 5 dicampur dengan bahan no. 1, kemudian di rebus dengan air 1 1/2 gelas [375 cc] dan tinggalkan 1 gelas [250 cc].
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Rahasia Kehidupan manusia | Creating Website | Johny Template | Mas Template | Pusat Promosi
Copyright © 2015. Rahasia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger